Urgensi Kepemimpinan dalam Pembangunan Berkelanjutan

Lebih jauh bencana lingkungan ini disebabkan oleh lemahnya penegakan hukum, kurangnya pendidikan lingkungan, serta pengelolaan lingkungan termasuk kebijakan lingkungan yang kontradiktif dengan upaya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dalam hal ini telah terjadi kegagalan kebijakan (policy failure) yang diakibatkan oleh pemegang kebijakan (pemimpin) yang belum menjadikan asek lingkungan sebagai bagian terpenting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di segala sektor. Kebijakan yang ada justru lebih berorientasi pada pendekatan ekonomi serta minimnya pelibatan masyarakat lokal yang notabene menjadi salah satu pemegang saham atas sumber daya alam dalam merencanakan pengelolaan SDA.

Kegagalan pengelolaan lingkungan terkait pada rendahnya kapasitas karena lemahnya keterampilan mengelola, memfasilitasi, mengkomunikasikan, mengkoordinasikan kepentingan dan kerjasama antar stakeholders. Selain juga tingginya kesenjangan persepsi antar stakeholders dalam pengelolaan lingkungan hidup. Persoalan kapasitas leadership umumnya terjadi pada individu dan lembaga yang berhubungan dengan pengaturan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

BT Content Slider

Training ICSD 2014

29-30 Maret 2017

21 May 2013

Tema        : ENGAGING STAKEHOLDER : A STRATEGY FOR STAKEHOLDERS ENGAGEMENT Waktu      : 29 - 30 Maret 2017 Tempat    : Hotel Ambhara, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1, Jakarta Selatan.

Environmental Leadership

Copyright © 2019 ICSD. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.