Apresiasi Budaya

yang didasari pada mitologi dari masyarakat yang bersangkutan. Sehingga, masing-masing pola hidup ini akan tergambar pada bentuk-bentuk tingkah laku dan tindakan yang muncul sebagai sebuah tradisi yang mencerminkan kelompok sosial yang bersangkutan dan ini akan terkait dengan kebudayaan yang dipunyainya.

Sebagai suatu masyarakat majemuk, masyarakat di Indonesia mempunyai 3 sistem kebudayaan yang menjadi acuan bagi warganya yaitu sistem nasional, sistem sukubangsa, dan kebudayaan lokal setempat. Masing-masing sistem tersebut berbeda antara satu dengan yang lainnya serta operasionalnya dibidang masing-masing. Dalam masyarakat majemuk, seperti masyarakat Indonesia, penekanan keanekaragaman bukan terletak pada kebudayaan tetapi pada sukubangsa dan kebudayaan sukubangsa. Setiap sukubangsa mempunyai wilayah tempat hidupnya yang diakui sebagai hak ulayatnya yang merupakan tempat sumber-sumber daya dimana warga sukubangsa tersebut memanfaatkan untuk kelangsungan hidup mereka.

Dalam perkembangannya, kebudayaan dituntut untuk bersifat lebih statis dan ini untuk menjaga aturan-aturan sosial yang dipakai sebagai acuan bertindak anggota masyarakatnya agar tidak terjadi ketidak serasian sosial, tetapi di pihak lain kebudayaan dituntut untuk dinamis, karena hidup dalam suatu proses di mana anggota-anggota masyarakat yang mendukung kebudayaan bersangkutan mengalami percamputran dan pergaulan dengan masyarakat dan kebudayaan lain yang berbeda.

Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang cukup besar manakala ingin membentuk jatidiri bangsa Indonesia yang selama ini dirasakan semakin tidak menentu.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

BT Content Slider

Training ICSD 2014

29-30 Maret 2017

21 May 2013

Tema        : ENGAGING STAKEHOLDER : A STRATEGY FOR STAKEHOLDERS ENGAGEMENT Waktu      : 29 - 30 Maret 2017 Tempat    : Hotel Ambhara, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1, Jakarta Selatan.

Environmental Leadership

Copyright © 2017 ICSD. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.