Kekuasaan dan Penguasaan Sumber Daya Alam Studi Kasus Penambangan Timah di Bangka

Dalam buku ini diperlihatkan bahwa struktur sosial dalam aktivitas penambangan timah di Bangka merupakan jalinan hubungan kekuasaan yang terjadi antara pelaku yang didasari atas kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing pelaku untuk memaksimalkan manfaat ekonomi dari sumber daya timah yang ada di wilayah tersebut. Jalinan hubungan kekuasaan yang didasari atas kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh pelaku ini merupakan jalinan hubungan saling memanfaatkan dan saling ketergantungan (interdependensi) yang secara terus menerus direproduksi dan dimantapkan dalam konteks ruang dan waktu.

Buku yang diadaptasi dari disertasi ini memberikan kajian etnografi dari sebuah komuniti yang berada di dalam wilayah perusahaan sebagai satu kesatuan masyarakat yang lebih luas, berikut juga dengan sistem politik yang berkembang di dalamnya. Gambaran tentang kondisi penguasaan timah semenjak zaman pra penjajahan hingga pasca krisis moneter yang dilengkapi dengan jejaring kepentingan antara aktor yang terlibat di dalam sebuah sistem politik yang terus berkembang telah menunjukkan bagaimana penguasaan timah tersebut dimanfaatkan untuk melanggengkan penguasaan ekonomi dan kedudukan di Pulau Bangka.

Kemampuan buku ini dalam memberikan gambaran tentang penguasaan timah dari sudut pandang emik (orang dalam), akan sangat berguna bagi para pengusaha untuk dapat meneliti terlebih dahulu kondisi kehidupan komuniti baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun budaya yang dimiliki untuk nantinya diberdayakan dalam rangka pelaksanaan pemberdayaan komuniti oleh perusahaan

 

 

BT Content Slider

Training ICSD 2014

29-30 Maret 2017

21 May 2013

Tema        : ENGAGING STAKEHOLDER : A STRATEGY FOR STAKEHOLDERS ENGAGEMENT Waktu      : 29 - 30 Maret 2017 Tempat    : Hotel Ambhara, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1, Jakarta Selatan.

Environmental Leadership

Copyright © 2017 ICSD. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.