Pedoman Pengembangan Masyarakat di Sektor Energi & Sumber Daya Mineral

Penulisan buku ini banyak mendapatkan sumbangan berupa pengalaman-pengalaman community  development dari industri-industri ekstraktif di Indonesia, serta masukan dari lembaga-lembaga legislatif daerah, pemerintah daerah, dan LSM.

Pada bagian awal tulisan, dipaparkan latar belakang penulisan buku, konsep community development, ruang lingkup, dan alasan pentingnya community development bagi perusahaan. Selanjutnya, dijelaskan pola pelaksanaan community development di sektor industri energi & sumber daya mineral, mulai dari penyusunan & perencanaan program, implementasi, sampai dengan evaluasi, monitoring, dan audit.

Dipaparkan pula indikator keberhasilan program comdev, baik dari segi partisipasi maupun keberlanjutan. Untuk pengukuran partisipasi, terdapat pembagian tingkat pengembangan kemampuan masyarakat dalam mengambil keputusan, dari partisipasi pasif sampai dengan kemampuan memobilisasi diri sebagai indikator keberdayaan dan kemandirian masyarakat. Sedangkan, pengukuran keberlanjutan harus memperhatikan beberapa komponen, meliputi keberlanjutan di bidang manusia, sosial, lingkungan hidup, dan ekonomi.

Pada akhir tulisan, digambarkan peluang dan tantangan pelaksanaan community development, dengan menjelaskan faktor kunci kepedulian kegiatan industri terhadap masalah-masalah sosial, dan bagaimana industri dapat mengintegrasikan kepedulian sosialnya dalam upaya nyata. Sebagai penutup, disebutkan bahwa harus ada sinergis antara corporate social responsibility dan good corporate governance dalam pelaksanaan community development, dimana tanpa adanya good corporate governance tidak mungkin corporate social responsibility dapat dilakukan.

 

 

 

BT Content Slider

Training ICSD 2014

29-30 Maret 2017

21 May 2013

Tema        : ENGAGING STAKEHOLDER : A STRATEGY FOR STAKEHOLDERS ENGAGEMENT Waktu      : 29 - 30 Maret 2017 Tempat    : Hotel Ambhara, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1, Jakarta Selatan.

Environmental Leadership

Copyright © 2017 ICSD. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.