PERS RELEASE Semiloka Nasional “MENUJU EKONOMI HIJAU: PEMBELAJARAN PADA TAHAP TRANSISI”

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi CO2 negara sebesar 26 persen pada tahun 2020, yang menggambarkan komitmen penurunan terbesar oleh negara berkembang (Bank Dunia, 2009).

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan kebijakan pembangunan ekonomi yang mendorong pemakaian sumber daya alam dan lingkungan yang ramah lingkungan serta pembangunan yang juga mendorong pengalihan penggunaan sumber daya alam dan teknologi yang rendah emisi. Konsep atau paradigma Green Economy atau Ekonomi Hijau muncul sebagai manifesto konsep pembangunan berkelanjutan, dimana ia akan mengikat pembangunan agar berbasis efisiensi penggunaan sumber daya, pola konsumsi dan produksi berkelanjutan, dengan memasukan biaya lingkungan dan sosial (Prof. Ir. Surna Tjahja Djajadiningrat, MSc., PhD, 2011). Dari pemikiran di atas, Kementerian Perencanaan Nasional/ BAPPENAS dan Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD) menggagas suatu Semiloka Nasional dengan tema “Menuju Ekonomi Hijau: Pembelajaran Pada Tahap Transisi”. Semiloka ini direncanakan sebagai sebuah langkah awal penerapan ekonomi hijau dengan melibatkan para pihak (stakeholders). Dengan adanya semiloka ini diharapkan dapat menemukan cara-cara untuk mempercepat transisi perekonomian Indonesia menjadi lebih “hijau”.

Tujuan dari semiloka ini adalah untuk menyamaham paradigma tentang Ekonomi Hijau, membangun kesepakatan mengenai pentingnya paradigma ekonomi hijau pada pembangunan Indonesia,, serta meningkatkan kerja stakeholder (pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat) terkait pelaksanaan ekonomi hijau. Dari semiloka ini diharapkan dapat mendorong sinergitas antar stakeholder dalam mengaplikasikan green economy dimana setiap pelaku pembangunan memiliki peran masing-masing yang penting dalam menginisiasi agar program ini dapat terlaksana dan pembangunan berkelanjutan dapat diwujudkan.

Dalam semiloka yang akan dibuka oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/

Kepala BAPPENAS, Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, SE., MA dan di moderatori oleh Prof. Ir. Surna Tjahja Djajadiningrat, MSc., PhD.  aka nada lima pembicara, yaitu:

  1. 1.    Ekonomi Hijau dan Pembangunan di Indonesia

Dr. Arif Budimanta, M.Sc. (Anggota Komisi XI DPR-RI)

  1. 2.  Komitmen Indonesia Menuju Ekonomi Hijau: Pendekatan teknologi hijau

Dr. Raldi Hendro Koestoer, M.Sc. (Staf Ahli Bidang Inovasi Teknologi dan Lingkungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian)

  1. 3.    Pertamina dan Komitmen Menuju Industri Hijau

Ir. Joko Susilo M.Sc. (VP Health, Safety, Security and Environment Pertamina)

  1. 4.    Konsumsi Berkelanjutan: Gerakan Gaya Hidup Hijau

Husna Zahir (Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia – YLKI)

5. Ekonomi Hijau: Antara Kebijakan dan Prakteknya di Indonesia

  1. 6.   Dr. Arief Anshory Yusuf, SE, M.Sc. (Pakar Ekonomi SDA dan Lingkungan, UNPAD)

 

 

 

BT Content Slider

Training ICSD 2014

29-30 Maret 2017

21 May 2013

Tema        : ENGAGING STAKEHOLDER : A STRATEGY FOR STAKEHOLDERS ENGAGEMENT Waktu      : 29 - 30 Maret 2017 Tempat    : Hotel Ambhara, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1, Jakarta Selatan.

Environmental Leadership

Copyright © 2017 ICSD. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.