INDONESIA CENTER FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ICSD)

Latar Belakang

Sustainable development selain sebagai pembangunan yang mengkaitkan kebutuhan masa kini dengan generasi mendatang, juga sebagai pendekatan yang komprehensif antara individu, komuniti, dan lingkungan dalam pengelolaan sumber daya. Konsep ini menjadi landasan, khususnya dalam mengatasi keterbelakangan manajemen lingkungan dan rendahnya kemampuan kelembagaan yang mengatur pembangunan selama ini.

Dalam konsep sustainable development terdapat tiga elemen yang saling mendukung yaitu keberlanjutan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan keberlanjutan sosial, dimana pengelolaannya melibatkan pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil sebagai stakeholder-nya.

Posisi dan Peran Lembaga

Lembaga ini dibentuk atas dasar usaha-usaha sinergi antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat yang multicultural untuk mengawal proses pembangunan berkelanjutan untuk memperoleh kemakmuran dan kesetaraan

Posisi dan peran lembaga dapat dilihat sebagai berikut : 

 

  

Visi

Mendorong terciptanya kesetaraan sosial pada bidang manajemen sumber daya dalam perspektif Antropologi, Sosiologi, Ekologi, dan Ekonomi di level Lokal, Regional, dan Nasional atau Global.

Misi

Berusaha mengembangkan, menerapkan, dan mengimplementasikan pengelolaan pembangunan berkelanjutan, baik yang dilakukan oelh masyarakat, pemerintah, maupun korporasi.

Strategi dan Program

Untuk mencapai Visi dan Misi, Lembaga ini berdiri sebagai Institusi yang independent, non-partisan, non-profit, dan bekerja dan bekerja sama untuk mempromosikan pola pembangunan berkelanjutan melalui: Penelitian Kolaboratif, Studi Kebijakan, Pelatihan, Pengembangan Institusi, Analisis dan Resolusi Konflik, Membangun Jejaring, Pengembangan Komunitas, dan Pertukaran Informasi.

Organisasi

ICSD adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh banyak pihak untuk mendorong terjadinya proses sinergis dalam implementasi pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia.

BT Content Slider

Training ICSD 2014

29-30 Maret 2017

21 May 2013

Tema        : ENGAGING STAKEHOLDER : A STRATEGY FOR STAKEHOLDERS ENGAGEMENT Waktu      : 29 - 30 Maret 2017 Tempat    : Hotel Ambhara, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1, Jakarta Selatan.

Environmental Leadership

Copyright © 2017 ICSD. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.