BEASISWA PENELITIAN Mastariana – Muhassin – Arif Budimanta

BEASISWA PENELITIAN

Mastariana – Muhassin – Arif Budimanta

Bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1)

“KEMISKINAN DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN”

 Penyelenggara: ICSD

 

PEDOMAN

SELEKSI DAN PEMBERIAN FELLOWSHIP PENELITIAN

UNTUK SKRIPSI

 

PENDAHULUAN

Agenda Pembangunan Nasional saat ini mengusung sembilan prioritas pembangunan yang diterjemahkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Bersamaan dengan ini pada 25 September 2015 para pemimpin 193 negara anggota PBB mengadopsi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) sebagai agenda pembangunan global yang baru untuk periode 2016- 2030.

Mengacu pada kesepakatan negara-negara anggota PBB dalam “Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development” tanggal 2 Agustus 2015, pengesahan 17 SDGs menjadi tonggak baru komitmen masyarakat internasional pada agenda pembangunan global untuk meneruskan pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs).

Salah satu indikator mutu pembangunan dapat dilihat dari pembangunan sumber daya manusia, yang bertujuan meningkatkan kapasitas manusia untuk terbebas dari kemiskinan. Pembangunan sumber daya manusia dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui pendidikan tinggi. Berkaitan dengan ini ICSD bekerja sama dengan Arif Budimanta beserta Mastariana dan Muhassin memberikan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana (S1) untuk penelitian dan penulisan skripsi berkaitan dengan isu-isu kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan.

Arif Budimanta, pendiri dan senior advisor Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD) bersama dengan kedua orangtua beliau, Mastariana dan Muhassin merupakan sosok yang memilii kepedulian terhadap isu-isu terkait kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan. Arif Budimanta saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Kementerian keuangan dan Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri (KEIN). 

 

TUJUAN

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan budaya kompetitif di antara mahasiswa dan memberikan kemudahan dalam menyelesaikan penelitian dan penulisan skripsi, khususnya skripsi untuk tema-tema yang dapat memberikan alternative pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan pengentasan kemiskinan untuk kehidupan yang lebih baik.

 

KELUARAN (OUTCOME)

Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:

  1. Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menyusun ide penelitian, menulis proposal, menyusun laporan hasil penelitian, serta menyajikan hasil penelitian.
  2. Pengembangan program penelitian mahasiswa yang berkualitas terutama berkaitan dengan studi kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan.
  3. Mengumpulkan informasi dan data berkaitan ketahanan social kelompok rentan miskin dalam menghadapi kemiskinan  

 

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Proposal dapat diusulkan oleh mahasiswa dari semua program studi, yang duduk di semester VI ke atas secara individu, dengan IPK minimal 2,75
  2. Proposal yang diajukan harus mengambil tema yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan, pembangunan yang berkelanjutan dan pengentasan kemiskinan.
  3. Proposal yang diajukan harus sudah disetujui oleh dosen pembimbing dan diketahui oleh ketua jurusan/departemen yang dibuktikan dengan tandatangan pembimbing dan ketua jurusan/departemen di halaman pengesahan.
  4. Penerima tidak sedang menerima beasiswa atau dana penelitian dari lembaga lain
  5. Tenggat waktu penyelesaian skripsi maximal 2 semester.
  6. Setelah penelitian selesai dilkukan, peneliti diwajibkan memaparkan hasil penelitiannya dalam bentuk seminar hasil penelitian dan dipublikasikan dalam jurnal penelitian ICSD.

 

JANGKA WAKTU DAN BIAYA PENELITIAN

Jangka waktu pelaksanaan penelitian adalah enam bulan terhitung penandatanganan kontrak, masing-masing dengan dana maksimum sebesar Rp. 20.000.000 untuk 4 orang @ Rp 5.000.000 ( Lima Juta rupiah).

1 orang dari Mastariana – Muhassin dan 3 orang akan menerima beasiswa dari Arif Budimanta

 

KRITERIA DAN MEKANISME SELEKSI

Pendanaan program beasiswa skripsi ini dilaksanakan secara kompetitif. Usulan yang masuk akan dievaluasi oleh Tim Penilai (Panel) yang diawali dengan seleksi administrasi dan dilanjutkan dengan desk evaluation. Kriteria penilaian proposal yang diajukan meliputi:

  1. Keterkaitan antara judul, latar belakang, tujuan, hipótesis, dan metodologi penelitian (25%)
  2. Ketajaman Latar Belakang, Tujuan Penelitian, dan Hipotesis dan Teori (25%),
  3. Tinjauan Pustaka: Relevansi, Kemutakhiran, dan Penyusunan Daftar Pustaka (25%),
  4. Metode Penelitian: Ketepatan Metode yang digunakan (25%)

 

TAHAP-TAHAP SELEKSI PROPOSAL

Seleksi proposal dan pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada waktu yang telah

disusun sebagai berikut:

 

PENGAJUAN PROPOSAL  

Proposal dengan format sesuai dengan format proposal untuk skripsi mahasiswa yang dilengkapi dengan anggaran penelitian dan jadwal penelitian, dikumpulkan ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.     

Proposal yang dikumpulkan sebanyak 2 eksemplar, dilengkapi dengan halaman pengesahan yang telah ditandatangani oleh pembimbing dan ketua jurusan yang bersangkutan.

 

MONITORING DAN EVALUASI

Selama pelaksanaan kegiatan penelitian, Tim Monev akan melakukan monitoring pelaksanaan penelitian dan evaluasi hasil penelitian. Pelaksanaan monitoring akan dikoordinasikan dengan ketua-ketua jurusan di lingkungan Fakultas.

Monitoring yang akan dilaksanakan meliputi:

1.    Monitoring I (laporan kemajuan pelaksanaan kegiatan)

2.    Monitoring II (seminar hasil penelitian). 

 

PENCAIRAN DANA

Dana penelitian akan dicairkan setelah penandatangan kontrak, paling lambat dalam waktu masimal 1 bulan.

 

DEWAN PAKAR PENILAIAN

1   Dr. Bambang Rudito, Ketua Program Master dan Doktoral, SBM ITB

2.  Nunung Nuryartono Ph.D, Sekretaris Ketua Dewan Pertimbangan Presiden

3.  Pieter P Gero, Wartawan Senior Kompas

4.  Dr. Adi Prasetijo, Executive Director ICSD

 

CONTACT PERSON

Astarina Eka Dewi

Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD)

Jl. Mampang Prapatan VIII Kompleks Bappenas No. 53, Jakarta Selatan 12790

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Telp/Fax. 021 7989548 | Mobile. 0853 2640 2264.

 

Tata Cara Pendaftaran :

  1. Isi formulir secara online disini atau Download Formulir disini kirimkan beserta foto ke alamat email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Kirim Proposal setelah mendapat email konfirmasi dari ICSD

 

 

Add comment


Security code
Refresh

BT Content Slider

Training ICSD 2014

29-30 Maret 2017

21 May 2013

Tema        : ENGAGING STAKEHOLDER : A STRATEGY FOR STAKEHOLDERS ENGAGEMENT Waktu      : 29 - 30 Maret 2017 Tempat    : Hotel Ambhara, Jalan Iskandarsyah Raya No. 1, Jakarta Selatan.

Environmental Leadership

Copyright © 2017 ICSD. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.